Ustaz Gondrong' Bicara Penggandaan Uang: Saya Tak Sakti, Salat Pun Tak Bisa - INFO AKURAT

Ustaz Gondrong' Bicara Penggandaan Uang: Saya Tak Sakti, Salat Pun Tak Bisa



Kabupaten Bekasi - 

Hermawan alias 'Ustaz Gondrong' sempat membuat heboh setelah video aksi 'penggandaan uang' viral di media sosial. Belakangan terungkap bahwa 'penggandaan uang' itu cuma tipu muslihat.

Dalam wawancara eksklusif dengan detikcom, Senin (29/3/2021), 'Ustaz Gondrong' mengakui bahwa dirinya tidak punya kesaktian. 'Ustaz Gondrong' juga tidak punya keahlian khusus dalam mengobati pasien.

"Nggak punya (kesaktian) apa-apa, solat aja nggak bisa, bacaan salat, selawat aja nggak bisa," ujar 'Ustaz Gondrong'.

Pria yang bernama asli Herman ini mengungkap bahwa dirinya cuma melakukan trik sulap. Herman tidak benar-benar bisa menggandakan uang seperti yang tampak dalam video viral.

"Itu cuma trik sulap, nggak sungguhan," ucap Herman.

Herman membeli perlengkapan untuk sulap itu dari Tambun, Kabupaten Bekasi. Dia belajar secara singkat trik sulap 'penggandaan uang' dengan peralatan yang dia dapatkan.

"Suatu ketika saya lagi iseng, saya ambil kotak itu sama uang monopoli, (kemudian belajar trik sulap), begitu saya bisa, saya praktikkan," kata Herman.

'Ustaz Gondrong' mengaku melakukan trik sulap itu baru-baru ini sebelum videonya viral. Tujuannya semata-mata untuk menarik pasien agar percaya seakan-akan dirinya punya kesaktian dan kehebatan.

'Ustaz Gondrong' sendiri sudah puluhan tahun membuka praktik pengobatan. Belakangan, muncul ide melakukan trik 'penggandaan uang' untuk menambah pasien yang datang kepadanya.

"(Ide muncul) dari hati saya saja. Buat 'wah ini nanti hebat', tapi keburu ketahuan (polisi)," ungkap Herman.

Tepatnya pada awal Maret 2021, Herman melakukan trik sulap 'penggandaan uang'. Hal itu dia praktikkan di rumah mertuanya di Ujung Harapan, Kabupaten Bekasi

Herman kemudian meminta istrinya, FN (18), merekam aksinya itu. Ia melakukan trik sulap itu disaksikan oleh teman-temannya dan beberapa pasiennya.

"Saya yang suruh istri untuk merekam. Diviralin sama istri saya, ada tamu juga 3-5 orang juga banyak yang viralin," tuturnya.

Video tersebut kemudian viral di media sosial sekitar pertengahan Maret 2021. Polsek Babelan kemudian mengusut video viral itu hingga akhirnya menangap Herman di rumah mertuanya.

Polisi kemudian menetapkan Herman sebagai tersangka. Saat ini Polres Metro Bekasi telah menerima 5 laporan warga yang merasa tertipu pengobatan alternatif 'Ustaz Gondrong' ini.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel